Laporan Prakerin / PSG Contoh Pembuatan Laporan PKL



LAPORAN KEGIATAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG )
CONTOH NAMA LEMBAGA TEMPAT KALIAN PRAKERIN
Laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan menempuh
Ujian Akhir Sekolah (UAS) / Ujian Nasional (UN)
Tahun ajaran 2011 - 2012



Disusun Oleh         :
Nama                       : 
NIS                            : 
Kelas                        :
Program Keahlian : 

NAMA ASAL SEKOLAH KALIAN


LAPORAN KEGIATAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG )

Laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan menempuh
Ujian Akhir Sekolah (UAS) / Ujian Nasional (UN)
Tahun ajaran 2011 - 2012

 

Disusun Oleh. 
Nama                       : 
NIS                            : 
Kelas                         : 
Program Keahlian : 

NAMA ASAL SEKOLAH KALIAN
2011 – 2012



LAPORAN KEGIATAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA ( PSG )
Tanggal 16 April 2012 s/d 14 Mei 2012-07-06
Laporan yang dipersiapkan dan disusun oleh:
Nama                       : Nama kalian
NIS                            : xx.10x.023
Kelas                         : XI Ak
Program Keahlian : Akuntansi

Telah disyahkan dan disetujui:
Pada Tanggal 02 juli 2012

Pembimbing Industri/ Instansi

Nama pimpinan instansi



Pembimbing Sekolah

Nama pembimbing



Penguji

Nama penguji



Mengetahui
Kepala Sekolah

Nama kepapa sekolah




KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil Pelaksanaan Praktik Kerja Industri/ Instansi (PRAKERIN).
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih kurang sempurna karena keterbatasan kemampuan penulis baik pengalaman maupun pengetahuan yang penulis miliki, karena itu keritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan, laporan ini dapat selesai berkat bantuan dan dorongan dari berbagai pihak, maka penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Nama orang-orang yang berperan
2.
3.
4.
5.
6.
7. Kedua orang tua yang telah memberi dukungan dan semangat
8. Seluruh teman-teman yang telah memberikan semangat

Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih, semoga laporan ini bermanfaat sehingga ketangan pemakai yang khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca, amin.

Jakarta Juli 2012


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN...................................... ii
KATA PENGANTAR............................. iii
DAFTAR ISI........................................... IV
RIWAYAT HIDUP.................................. V
BAB I : PENDAHULUAN..................... 1
1.1 Latar Belakang.............................. 1
1.2 Dasar penulisan............................ 2
1.3 Maksud dan Tujuan..................... 3
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/
INSTANSI............................................... 4
2.1 Tinjauan Perusahaan........................................... 4
2.2 Sejarah Perusahaan..................... 4
2.3 Misi dan Visi perusahaan/
Instansi.................................................. 6
2.4 Struktur Organisasi..................... 7
BAB III LAPORAN KEGIATAN.......... 8
3.1 Pelaksanaan Kegiatan................. 8
3.2 Hasil Kegiatan............................... 8
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 9
4.1 Kesimpulan.................................... 9
4.2 Saran................................................ 9
BAB V PENUTUP.................................. 10
LAMPIRAN


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian profesional, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan dan melaksanakan pendekatan pendidikan dengan sistem ganda untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Adapun pendekatan Pendidikan dengan sistem ganda merupakan suatu cara, sebagai perwujudan link and match yang dijadikan pola utama penyelenggaraan Kurikulum 1999, yang sebenarnya Praktek Kerja Industri/ Instaansi (PRAKERIN) ini sudah dimulai pada tahun pelajaran 1994/1995.
Pendidikan sistem ganda ini dapat dilaksanakan di sekolah dan di Dunia Usaha/ Dunia Industri/ Instansi pada tingkat II (dua) atau kelas XI (sebelas). Untuk mengetahui perkembangan para siswa peserta Praktik Kerja Industri/ Instansi (PRAKERIN) yang dilaksanakan siswa di Dunia Usaha/ Dunia Industri/ Instansi maka diperlukan Jurnal Kegiatan.
Jurnal Kegiatan ini diajukan sebagai suatu bentuk laporan kegiatan siswa selama melaksanakan Praktek Kerja Industri/ Instansi (PRAKERIN) di Dunia Usaha/ Dunia Industri/Instansi.

1.2. Dasar Penulisan

Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode dan beberapa tekhnik penulisan dengan maksud agar memudahkan didalam pengumpulan data, sehingga susunan laporan ini dapat tersusun dengan lebih baik dan sesuai situasi kondisi. Adapun metode dan tekhnik yang digunakan dalam penyusunan laporan antara lain sebagai berikut:
1. Metode Penyusunan
Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode deskriptif mengargumentasikan dan memaparkan permasalahan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada.
2. Tekhnik Penyusunan
a. Observasi
Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian diterapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktek Kerja Industri/Intansi (PRAKERIN)
b. Interview
Yaitu Mengumpulkan data dengan cara melakukan Tanya jawab secara langsung,hal ini di lakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yangdibutuhkan di dalam penyusunan laporan.
c. Study Literatur
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dan cara mencari serta membaca buku- buku di perpustakaan yang ada kaitannya dengan pembahasan masalah.

1.3. Maksud dan Tujuan

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Industri/Intansi (PRAKERIN) yang di wujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Industri/Intansi (PRAKERIN), Praktek Kerja Industri/Intansi (PRAKERIN) juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreatifitas, dan keterampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur. Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, di dukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang Industri dan Teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia Industri, bisnis dan perdagangan.
Sedangkan Tujuan diadakan pelaksanaan Praktek Kerja Industri/Intansi (PRAKERIN) antara lain :
1. Untuk meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilan para siswa/ siswi dalam memasuki lapangan kerja dikemudian hari.
2. untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha, industri dan perdagangan
3. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia industri.



RIWAYAT HIDUP
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

I. Data Peserta PSG
1. Nama lengkap :
2. Nomor induk siswa :
3. Tempat, tanggal lahir :
4. Jenis kelamin :
5. Golongan darah : 
6. Kelas :
7. Bidang keahlian :
8. Program keahlian : 
9. Hobi :
10. No. Telephone / Hp : 
11. Pendidikan : 
12. Alamat Sekolah : 
13. Nana orang tua / wali : 
14. Alamat orang tua / wali : 


Jakarta, Juli 2012



BAB II

GAMBARAN UMUN PERUSAHAAN / INSTANSI

2.1 TINJAUAN IINSTANS

(Isi dengan profil perusahaan atau instansi) 

2.3 VISI DAN MISI

(Isi dengan visi dan misi instansi / tempat kalian prakerin) 


BAB III

LAPORAN KEGIATAN

3.1 Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Praktik kerja Industri/ Intansi ( PRAKERIN ) di laksanakan di Nama tempat kalian prakerin, di mulai sejak tanggal 16 April sampai dengan tanggal 14 Mei, yang berada di Alamat tempat kalian prakerin
Dalam kegiatan ini kami membantu menanggulangi bencana yang ada di jakarta, diantaranya adalah Bencana alam.

3.2 Hasil Kegiatan

Hasil dari kegiatan Praktik kerja Industri/ Intansi ( PRAKERIN ) yaitu dapat pengalaman baru dan menambah wawasan dalam Dunia Industri/ Instansi, selain itu juga penulis mempraktekan pelajaran yang sudah di ajarkan di sekolah.


BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 KESIMPULAN

Pendidikan system ganda (PSG) yang di laksanakan oleh sekolah menengah kejuruan Nama sekolah kalian, Merupakan suatu proses pembelajaran yang efektif dan bermanfaat bagi siswa sebagai bahan latihan untuk terjun di dunia kerja secara nyata dan sebagai tempat untuk mengaplikasikan teori-teori yang di ajarkan di sekolah.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama PSG sangat mengunjang tambahan pengetahuan siswa, misalnya pembelajaran disiplin, bertanggung jawab, dedikasi dan royalitas terhadap tujuan dan pekerjaan

4.2 SARAN

Guna meningkatkan kualitas pekerja yang baik maka tatatertib yang sudah di tentukan oleh instansi sebaiknya di laksanakan lebih baik lagi.
Agar setiap tenaga kerja lebih meningkatkan pengabdian dan prestasi seerta kualitas kerja karena dengan semua itu dapat memantapkan dan meningkatkan citra di masa yang akan datang.



BAB V

 PENUTUP

Alhamdulillah akhirnya laporan ini selesai dengan tepat waktu, walaupun banyak sekali halangan dan rintangannya, mulai dari penyusunan, pengetikan bahkan dari segi materi dan tenaga cukup memakan waktu berhari-hari.
Penulis senang bisa mengikuti Praktik kerja Industri/ Intansi ( PRAKERIN ) karna selain menambah ilmu bisa juga jadi pengalaman kerja.


Laporan diatas saya tulis dengan sunggu-sunggu berdasarkan pengalaman saya waktu sekolah di Nama sekolah kalian, laporan diatas belum termasuk jadwal dan kegiatan hasil prakerin, alasan sya tidak menampilkan jadwl dan hasil kegiatan saya selama prakerin karena bersifat privasi.

tujuan saya buat postingan ini agar adik-adik saya dapat mempelajari dan memehami sebuah pengerjaan laporan praktek kerja industri dan instansi (PRAKERIN)

dan semoga postingan ini berguna bagi adik-adik sekalian dan mohon maaf jika ada kesalahan.